Friday, April 22, 2011

teknik dasar fotografi :)

Teknik-teknik dasar pemotretan adalah suatu hal yang harus dikuasai agar dapat menghasilkan foto yang baik. Kriteria foto yang baik sebenarnya berbeda-beda bagi setiap orang, namun ada sebuah kesamaan pendapat yang dapat dijadikan acuan. Foto yang baik memiliki ketajaman gambar (fokus) dan pencahayaan (eksposure) yang tepat.

A. FOKUS
Focusing ialah kegiatan mengatur ketajaman objek foto, dilakukan dengan memutar ring fokus pada lensa sehingga terlihat pada jendela bidik objek yang semula kurang jelas menjadi jelas (fokus). Foto dikatakan fokus bila objek terlihat tajam/jelas dan memiliki garis-garis yang tegas (tidak kabur). Pada ring fokus, terdapat angka-angka yang menunjukkan jarak (dalam meter atau feet) objek dengan lensa.

B. EKSPOSURE
Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam melakukan pemotretan adalah unsur pencahayaan. Pencahayaan adalah proses dicahayainya film yang ada dikamera. Dalam hal ini, cahaya yang diterima objek harus cukup sehingga dapat terekam dalam film. Proses pencahayaan (exposure) menyangkut perpaduan beberapa hal, yaitu besarnya bukaan diafragma, kecepatan rana dan kepekaan film (ISO). Ketiga hal tersebut menentukan keberhasilan fotografer dalam mendapatkan film yang tercahayai normal, yaitu cahaya yang masuk ke film sesuai dengan yang dibutuhkan objek, tidak kelebihan cahaya (over exposed) atau kekurangan cahaya (under exposed).

 Bukaan Diafragma (apperture)
Diafragma berfungsi sebagai jendela pada lensa yang mengendalikan sedikit atau banyaknya cahaya melewati lensa. Ukuran besar bukaan diafragma dilambangkan dengan f/angka. Angka-angka ini tertera pada lensa : 1,4 ; 2 ; 2,8 ; 4 ; 5,6 ; 8 ; 11 ; 16 ; 22 ; dst. Penulisan diafragma ialah f/1,4 atau f/22. Angka-angka tersebut menunjukkan besar kecilnya bukaan diafragma pada lensa. Bukaan diafragma digunakan untuk menentukan intensitas cahaya yang masuk.

Hubungan antara angka dengan bukaan diafragma ialah berbanding terbalik.
"Semakin besar f/angka, semakin kecil bukaan diafragma, sehingga cahaya yang masuk semakin sedikit. Sebaliknya, semakin kecil f/angka semakin lebar bukaan diafragmanya sehingga cahaya yang masuk semakin banyak."

Kecepatan Rana (shutter speed)
Kecepatan rana ialah cepat atau lambatnya rana bekerja membuka lalu menutup kembali. Shutter speed mengendalikan lama cahaya mengenai film. Cara kerja rana seperti jendela. Rana berada di depan bidang film dan selalu tertutup jika shutter release tidak ditekan, untuk melindungi bidang film dari cahaya. Saat shutter release ditekan, maka rana aka membuka dan menutup kembali sehingga cahaya dapat masuk dan menyinari film.
Ukuran kecepatan rana dihitung dalam satuan per detik, yaitu: 1 ; 2 ; 4 ; 8 ; 15 ; 30 ; 60 ; 125 ; 250 ; 500 ; 1000 ; 2000 ; dan B. .Angka 1 berarti rana membuka dengan kecepatan 1/1 detik. Angka 2000 berarti rana membuka dengan kecepatan 1/2000 detik, dst. B (Bulb) berarti kecepatan tanpa batas waktu (rana membuka selama shutter release ditekan)

Hubungan antara angka dengan kecepatan rana membuka menutup ialah berbanding lurus. "Semakin besar angkanya berarti semakin cepat rana membuka dan menutup, maka semakin sedikit cahaya yang masuk. Semakin kecil angkanya, berarti semakin lambat rana membuka dan menutup, maka semakin banyak cahaya yang masuk"

Kepekaan Film (ISO)
Makin kecil satuan film (semakin rendah ISO), maka film kurang peka cahaya sehingga makin banyak cahaya yang dibutuhkan untuk menyinari film tersebut, sebaliknya semakin tinggi ISO maka film semakin peka cahaya sehingga makin sedikit cahaya yang dibutuhkan untuk menyinari film tersebut. Misal, ASA 100 lebih banyak membutuhkan cahaya daripada ASA 400.

Saturday, March 12, 2011

dia :)

dia , senyum manisnya yang selalu membuat aku betah menatap wajahnya ..
candaan kecilnya yang selalu membuat aku tersenyum ..
caranyua menggodaku , membuat aku nyaman berada di sampingnya ..
dia , selalu ada di saat aku terjatuh ..
perhatiannya tak pernah henti dia lontarkan ..
laki - laki itu yang sedang berusaha merebuat hatiku , tak mudah memang .. tapi dia cukup menarik perhatianku ..
laki-laki sederhana yang selalu membuat aku tersenyum , yang selalu rela menjadi tempat sandaran ketika aku merasa lelah ...
dia yang selalu memarahiku ketika aku berbuat salah ..
dia yang selalu ada ketika aku membutuhkan seseorang untuk aku bersandar ..

dia yang kini ada di pikiranku , benar - benar hanya dia ..


buat dadang , kalo kamu nembak aku suatu saat nanti ..
aku janji , aku gak akan ngasih jawaban yang ngecewain buat kamu ..
karna aku percaya , kamu benar-benar menyayangiku ..

:))

indahnya persahabatan ( eps .2 )

pagi ini aku berangkat sekolah , masih seperti biasanya . tapi , ketika aku sampai di depan sekolah , semua terasa berbeda . aku tak melihat senyum manis itu , aku tak melihat gadis cantik yang lugu itu . yang aku lihat hanya beberapa orang temanku yang sedang bercanda , tertawa , dan bersenda gurau bersama sahabatnya masing-masing . aku benar-benar merasa kehilangan nabil .

usai sekolah , aku bergegas kembali pulang . aku berganti pakaian dan langsung pergi ke rumah sakit . ini sudah hampir seminggu nabil di rumah sakit . mukanya semakin pucat , badannya semakin lemah . bahkan aku sering melihat dia mimisan dengan hebatnya . aku merasakan sakit yang di rasakan nabil . bahkan aku melihat dia selalu memaksakan untuk tersenyum agar tak terlihat sakit ketika aku datang menjenguknya .

"Tuhan , apa yang bisa aku lakukan agar aku bisa melihat nabil tersenyum kembali" , batinku dalam hati .
aku hanya ingin nabil sembuh , dan kembali seperti dulu . aku tau , itu adalah sebuah keajaiban , tapi ijinkan aku membuat nabil bahagia dengan caraku sendiri .

setiap pulang sekolah aku selalu menjenguk nabil . membawakannya beberapa bunga mawar merah kesukaannya . nabil memang gadis kecil yang tegar , gadis yang tak pernah gampang menyerah . aku tau , dia pun ingin bisa berlati seperti dulu lagi , tapi apakah itu mungkin ?

************************************************************************************

Hari yang aku tunggu pun tiba . aku harus menghadapi UN selama 4 hari ini . aku masih mengigat janjiku pada nabiL tempo hari . aku harus LULUS dengan niLai yang memuaskan . yah , apapun , bagaimana pun caranya , aku harus bisa .
seperti yang kalian pernah rasakan , bahwa soal-soal UN tidaklah semudah yang kita bayangkan . aku selalu kawatir kalau saja aku mendapati nilaku ada yang 'jeblok' .

4 hari sudah bisa aku lalui , aku berdoa , semoga aku bisa menepati janjiku pada nabil .

hari ini aku berencana untuk menjenguk nabil .

"gimana UN nya kemarin , bisa ?" , tanya nabil padaku .
"bisa dong , gue" , jawabku sambil tersenyum .

aku mengelus rambutnya , kudapati beberapa helai rambut nabil yang rontok dan tersangkut di tanganku . rambutnya memang semakin menipis ..
aku tak kuasa menahan air mataku , aku menggenggam tangannya dan menatap matanya yang sayu sambil berkata "nabil , apa yang ingin kamu katakan atau lakukan dengan persahabatan kita , tapi belum sempat kau lakukan" , tanyaku padanya .

"mau jawaban yang jujur ?" , tanyanya lagi . aku hanya mengangguk pelan .

"aku ingin kita jadi sahabat sejati , karna aku dan kamu adalah bumi dan langit , bunga dan batangnya . aku adalah kamu dan kamu adalah aku . kita 2 hati yang bersatu . aku hanya ingin kamu jadi sahabat yang baik untukku . tak ada lagi" , jawabnya .
aku merasakan air mataku tertetes . nabil mengusapnya .

"ada yang salah dengan jawabanku ? kenapa kamu menangis ?" , tanyanya penasaran .

aku tersenyum , aku tak ingin nabil tau tentang perasaanku .
aku ingat kata dokter bahwa nabil tidak boleh terlalu banyak pikiran .

**********************************************************************************

hari dimana aku bisa melihat hasil kelulusanku pun telah tiba . pagi - pagi sekali aku sudah berangkat ke sekolah untuk melihat hasil itu ..

aku mengambil amplop putih . "selamat ya" , kata bu endang selaku wali kelasku .

"AKU LULUS" , teriakku sambil menangis ..
aku mengambil HP ku dan menelepon nabil . aku melihat layar di HP ku .

satu pesan diterima : NABIL

"ca , bisa ke rumah nabil sebentar ? nabil sudah pulang ke rumah . ini ada titipan untuk kamu" , isi pesan itu .

aku bergegas ke rumah nabil , kulihat bendera kecil berwarna putih di depan gang masuk rumah nabil .
"siapa yang meninggal ya ?" , tanyaku pada hatiku .

aku mendapati tenda dfi depan rumah nabil , banyak sekali orang memakai baju hitam . ada apa ini ? jangan jangan .......................


aku berlari , masuk ke dalam rumah nabil . aku mendapati sosok nabil terbaring di situ . wajahnya sangat pucat . aku menggenggam tangannya , sangat dingin .
aku menangis . aku tak bisa membendung air mataku lagi . aku benar-benar tak bisa .

"ini ada titipan buat kamu ra" , kata mamahnya nabil .

aku melihat beliau menahan tangisnya . beliau berusaha tegar , tapi aku tau itu tak mudah .

aku membuka amplop itu ....





halo sahabatku yang paling cantik :)
sedang apa kamu ? pasti kamu sedang bahagia karna kamu mendapatkan amplop warna putih yang bertuliskan "LULUS" ya ? aku turut seneng ya . aku bahagia kamu bisa lulus dengan nila yang baik . maaf kalau aku malah justru menjadi bebanmu saat aku masih hidup . aku ingin berterimakasih kepadamu karna kamu telah mengajari aku bahwa kita harus berjuang untuk tetap hidup , hidup pada dua kaki , dua mata , tangan dan satu pikiran . aku melihat kau sebagai wanita yang tegar , jadi aku pikir , saat aku pergi nanti , kau bisa tetap menjalani hari-hari mu seperti biasa . terimakasih ya telah menjadi sahabatku yang selalu bisa membuat aku tersenyum . kau memang HEBAT :)
jagain mamahku ya , katakan padaku , aku mencintainya :*


aku menangis membacanya .

"nabil menulis itu satu jam sebelum dia pendarahan otak" , kata mamah nabil menjelaskan .

aku mengantarkan nabil sampai di peristirahatan terakhirnya .

"selamat jalan nabil , tenanglah di sana , tetaplah menjadi sahabtku , sahabat yang selalu ada ketika aku rapuh . tetaplah di hatiku , karna kini kau hanya akan bersemi di hatiku"


dan hujan turun membasahi komplek pemakaman tanah kusir ...



dedicated to : nabila sekar ayuningtyas

Monday, January 24, 2011

indahnya persahabatan ( eps . 1 )

pagi itu ak ambiL tas ranselku yang berwarna merah . "ak sudah siap berangkat !" , kataku berteriak .
yah , kenalkan , ak ica . anak pertama dari 3 bersaudara yang lahir dari keluarga menengah ke atas .
"udah siap berangkat non ?" , tanya bang udin kepadaku . "eh , bang udin . udah bang . capcus yuk" , jawabku sambil tersenyum ,

jam 07.30 , tepat 20 menit sebelum bel masuk , aku sudah sampai di sekolah . ak lihat sahabatku nabila di kelas , ak hampiri dia . "pagi cantik , kok lesu gitu ? knapa ? lagi ada masalah kah ?" , tanyaku kawatir . dia hanya tersenyum lalu pergi .

ada yang aneh , pikirku dalam hati .

KRIIING !!
bel masuk berbunyi , nabila yang biasa duduk di sampingku pindah ke belakang. sebenernya ada apa sih sama nabil ? knapa dia jadi kayak gini sama ak ? benakku bertanya-tanya .
bel istirahat bebunyi . "nabil , ke kantin yuk !" , ajakku pada nabil . dia hanya menggelengkan kepala ,

ad apa sih sama dia ! aku mulai jengkell .

aku pergi ke kantin dan memesan coklat dingin dan seporsi bakso kuah . hemb , bakso kuah pesananku datang , di tengah - tengah aku makan . ratna berlari ke arahku "ca , nabil pingsan !" , katanya sedikit berteriak ,

"HAH ?! NABIL ?!" , kataku tersentak . aku langsung berlari menuju UKS dan melihat seseorang terbaring dengan wajah pucat pasi . "nabil , kamu knapa ? knapa kamu ga bilang sama aku kalo kamu sakit ?" , tanyaku panik .

ku ambil handhoneku di saku rokku , ak pencet kontak dengan nama tante ayu . tut .. tut .. tut .. , kmana sih tante ayu !

"HALO .." , jawab wanita setengah baya dari ujung telfon .
"halo , tante ayu ? ini ica ! tante , nabil pingsan . tante bisa kesini sekarang ? nabil pucet banget" ,kataku tak tertata .
"ya Tuhan . iya sayang , tante segera kesana" , jawabnya . tut .. tut .. tut ...
ku dengar telfon di tutup .

tulit ... tulit ... tulitt ...

ku dengar suara ambulance semakin manjauh .
yah , di dalam ambulance itu ada nabil, sahabat kecilku yang sedang lemah .

pulang sekolah aku sudah berencana menjenguk nabil di rumah sakit . "tante , nabil gimana keadaannya ?" , tanyaku kawatir . "dokter masih memeriksa keadaannya" , jawab tante ayu . aku bisa melihat air mata kesedihan di matanya .

dokter keluar dari kamar nabail "dok , bagaimana keadaan nabil ?" , tanya tante ayu . "biasa ibu ikut saya sebentar ?" , jawab dokter itu singkat .

aku menatap nabil hanya dari kaca di pintu kamar nabil , karna suster melarangku masuk . ak melihat sosok nabil yang ceria dan penuh candaan , lemah tak berdaya . "apa yang kamu sembunyiin dari aku na ? apa semua menyangkut dengan caramu menatap , dan pergi dariku tadi ?" , banyak pertanyaaan yang bergejolak dalam hatiku . karna rasa penasaranku , ak putuskan untuk pergi ke ruang dokter . ku tempelkan kupingku di pintu ruang dokter itu ,

"hasil pemeriksaan darah yang di lakukan tadi , anak ibu terkena leukimia stadium 3" , kata dokter itu . JDEER !! seperti di sambar petir , air mataku tertumpah seketika . "apa itu bisa di sembuhkan dok ?" , tanya tante ayu pada dokter itu . "kiita hanya bisa melakukan cuci darah setiap 3 bulan bu , karna penyakit leukimia masih belum ada obat nya" , jawab dokter itu menjelaskan .

aku berlari ke kamar nabil . aku menangis . "nabil , kenapa kamu ga bilang sama aku tentang penyakitmu ? knapa kamu ga pernah cerita sama aku ? aku sahabatmu na , kita pernah punya janji . knapa sekarang kamu kayak gini ? apa ini alasannya kamu nyuekin aku ?" , tanyaku seolah mengintrogasi . ak menunggu sesaat , masih belum ada jawaban . aku lihat hujan dari jendela kamar nabil . hujan , nabil suka hujan :')


                                          *********************************

Monday, January 17, 2011

hari ke 28 :'*

dari kemarin ak udah cobak buat lupain kamu , buat persetan sama apa yg kamu lakuin . tapi maLem ini , ak udah ga bsa bendung semuanya . ak kangen kamu , ak kangen waktu kamu biLang "love u , muah" tiap maLem . .

ak kLuar dari kamar , ak liat ke langit , ngga' ada bintang . aku muLai merasakan pipiku basah , saat ak muLai menatap dan berkata sendiri pada sebuah foto di wallpaper hpku . .

hujan pun mulai turun , entah knapa akhir" ini ak menyukai gerimis . mungkin karna hal nekat yg aku lakuin kemaren :')
tem , kamu dmana sih ! knapa ga baLes smsku ? ak kawatir sama kamu :'(
tem , kamu udah makan ? pasti beLum kan ! makan duLu toh , susah bgt toh kalo d suruh makan !
tem , mesti skrg kamu lg d pocinan sama temen"mu ! jangan pulang malem" toh ! ntar kamu sakit , kamu mau liat ak nangis gara" kamu sakit !

tem , kamu tau ga sih nek ak msh syg bgt sama kamu ! mbok baLik lg tem ke hatiku , yg pegang kuncinya cuma kamu . yg bsa buka cuma kamu !
tem , airmataku ga akan pernah habis buat kamu ! ak syg kamu tem , ak kangen sama kamu !
kangen wktu kita di kos , kangen waktu ak nemenin kamu gotong royong . kangen waktu kamu manggil aku "jelek" :'*

ak inget bgt , terakhir kamu bilang syg sama ak pas ak lg liat ujan , ak nangis terus kamu bilang sama aku "aku thu juga sayang bgt sama kamu yank . tp keadaannya yg berbeda" !

Tem , ak nggak peduLi ! ak syg sama kamu , ak CINTA , ak KANGEN sama kamu ! :'(

ak takut mau sms kamu , tp ak kawatir sama kamu :'(

buat item :'*

sayang ,
kamu dimana ? udah makan ? kamu baik" aja kan ? gmana UTS nya ? sukses kan ?

ya Tuhan ,
dia benar" menguras waktuku untuk berpikir . yah , walaupun ak tau mungkin dia tak pernah memikirkan ak :'(
udah 25 hari yg lalu semenjak kamu mulai berubah , semenjak kamu mulai cuek dan persetan dengan apa yg ak lakukan . sejak seseorang biLang 'pacarnya si black anak kaLiurang toh ?'

jderr ~
berasa kyk ada petir nyamber , tepat di kupingku .
sakit , sedih , kecewa , seneng dan bahagia , semua jadi satu . sakit karna ak syg bgt sama dia , dan dia pergi sama cewek laen . sedih karna dia ga akan peduli lagi . kecewa , karna dia bohong dan cuek sama aku . seneng dan bahagia karna dia udah nemuin orang yg pas dan bsa bikin dia BAHAGIA lebih dari ak :')

yah , aku beLajar dari sebuah cinta . dimana ada pertemuan pasti ada perpisahan . sama seperti cerita yg akan berakhir dengan tanda titik . aku mencintai , tanpa pernah berharap dia mencintaiku. .karna aku tau dia ga akan pernah bsa jadi miLikku seLamanya .

Tuhan ,
ak mohon padamu . .jaga , sayangi dan cintai dia . bahagiakan hidupnya , beriLah kedamaian di hatinya . sampaikan padanya , bahwa ak masih di sini , masih berharap dia kembaLi dan berkata 'ak akan mencintaimu , percaya padamu , lebih dari kemarin' :')

buat item :
"jaga diri baikbaik ya sayang , jangan nakaL , jaga cewekmu baikbaik . cukup ak aja yg sakit . ak akan slalu berdoa buat kamu , buat kebahagiaanmu juga . sayang , mungkin tangan , kaki , serta bibirku belum cukup untuk bsa membahagiakanmu , seperti wanita di sana . tapi hati ini , hanya satu dan sudah tertutup untuk yg lain . jaga diri baikbaik syg , kalo ada apaapa , balik lagi ke ak ya . ak siap kalo nampung semuanya , it karna ak cinta sama kamu . jeLek syg item . I LOVE U :')"

yaah , air mataku muLai menetes dan . . . . .
Ak mulai menatap lekat" , foto laki" di wallpaper hpku , yah dia it item :')

Saturday, January 15, 2011

photography

taLent : me

take : aniez

location : lempuyangan

mohon kritik dan saran :))